Nama : Nesya Tabita
Npm : 14210943
Kelas : 3 EA 20
Pengaruh
Situasi Konsumen
Ada beberapa jenis-jenis
situasi konsumen diantaranya yaitu :
·
Komunikasi
·
Pembelian
·
Pemakaian
Situasi
komunikasi dapat di definisikan dengan dimana konsumen di hadapkan kepada
komunikasi pribadi dan non pribadi.komunikasi pribadi itu percakapan yang di
adakan konsumen dengan orang lain, sedangkan komunikasi non pribadi itu
melibatkan program publikasi,misalnya kita menaruh iklan di suatu koran ataupun
yang lain.
Situasi
konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi
dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Menurut
James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19)
terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
Ada
lima karakteristik situasi konsumen,yaitu :
- Waktu
- Tujuan
- Suasana
hati
- Lingkungan
sosial
- Lingkungan
fisik
Interaksi Orang-Situasi
Situasi pembelian
mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian konsumen dengan gaya
hidup believer. Hal ini menunjukkan bahwa situasi pembelian mampu menghadirkan
keinginan konsumen untuk membeli karena situasi ini bias menjadi stimulus
terhadap keputusan konsumen untuk membeli.
Gaya hidup pembelian juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata juga mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalnya celana jeans sehingga gaya hidup mereka berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan. Situasi pembelian dan gaya hidup terhadap mode bagi konsumen dengan gaya hidup believer ternyata cukup tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan pengaruhnya sebesar 68%.
Gaya hidup pembelian juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata juga mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalnya celana jeans sehingga gaya hidup mereka berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan. Situasi pembelian dan gaya hidup terhadap mode bagi konsumen dengan gaya hidup believer ternyata cukup tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan pengaruhnya sebesar 68%.
Pengaruh Situasi Yang Tidak Terduga
Situasi tidak terduga dapat menjadi pemicu seseorang untuk membeli suatu barang. Misalnya mahasiswi yang akan mengikuti ujian dan lupa membawa bolpoin dan pensil, maka secara otomatis dia akan membeli dulu bolpoin dan pensil sebelum mengikuti ujian tersebut.
Contoh
Saat seorang supir
angkot sedang bekerja dan dalam keadaan macet dengan udara yang panas dia
merasa haus dan melihat ada seorang penjual minuman dingin dan segar,berapa pun
harga minuman itu dia akan membeli minuman itu untuk mengurangi rasa hausnya
tanpa pikir panjang. Tetapi saat dia sedang berada di sebuah
supermarket, ia akan lebih memperhatikan harga minuman yang akan dibelinya. Hal
ini menujukkan bahwa situasi dapat mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu
barang.