Kamis, 12 April 2012

bagaimana seorang pemimpin yang berhasil


Bagaimana seorang pemimpin yang berhasil

Tips Sukses Menjadi Pemimpin Baik
  • Harus memiliki tujuan
          Seorang pemimpin yang bak, harus memiliki visi dan misi, serta tujuan yang jelas. Ibarat  sebuah kapal, seorang pemimpin adalah nahkoda yang memiliki tujuan kemana kapal tersebut akan berlabuh. Selanjutnya pemimpin yang baik wajib menyampaikan tujuan, visi dan misinya kepada seluruh anggota. Agar karyawan memiliki motivasi untuk mencapai target yang sama, sehingga pemimpin bisa memberikan bimbingan untuk menggerakan timnya menuju tujuan yang telah ditentukan.
  • Memiliki karakter yang kuat
Biasanya pemimpin yang sukses memiliki karakter yang kuat. Selalu berani mengambil tantangan, dan yakin bahwa resiko yang diambilnya akan memberikan keuntungan bagi timnya. Walaupun tak jarang pemimpin ini banyak dicela orang, karena keberaniannya mengambil resiko. Namun jangan salah, pemimpin ini selalu berpikir untuk memberikan inovasi ke depan, agar timnya berhasil menjadi pionir bukan menjadi follower.
·         Sigap dan selalu focus
Pemimpin baik akan cepat bertindak dalam segala hal, baik dalam kondisi mendesak maupun kondisi normal seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan dengan tepat dan cepat.
Disamping itu pemimpin juga harus fokus terhadap tujuannya, pisahkan antara prioritas utama dengan prioritas jangka panjang. Ini sangat penting, karena berpengaruh terhadap kerja tim. Jangan sampai mereka bingung, tugas mana yang menjadi target utama untuk mereka selesaikan. Sigap terhadap perubahan lingkungan memang penting, namun jangan sampai melupakan fokus utama Anda.
  • Kenali kelebihan dan kekurangan tim
Sebelum mengenali kelebihan dan kekurangan tim, sebaiknya seorang pemimpin berbesar hati untuk mengakui kekurangan dan kelebihannya dalam memimpin. Jangan sampai menjadi pemimpin yang angkuh dan tidak mau mengakui kesalahannya, karena akan memberikan contoh buruk bagi para anggotanya. Disamping itu kenali kelebihan dan kekurangan masing – masing anggota tim, ini bertujuan untuk mengembangkan potensi para anggota sesuai dengan kelebihan yang mereka miliki.
  • Rendah hati
Walaupun seorang pemimpin jabatannya lebih tinggi, namun bukan berarti tidak bisa membaur dengan anggota tim. Sempatkan waktu untuk turun langsung melihat anggota tim, dan mengenal masing – masing anggota untuk mempermudah komunikasi antara karyawan dan pemimpin.  Hubungan komunikasi yang baik antara bawahan dan atasan, akan memperlancar kerjasama dan meningkatkan loyalitas anggota tim.
  • Dengarkan dan berikan pengakuan bagi anggota tim
Ada kalanya seorang pemimpin belajar mendengarkan pendapat dari anggota timnya, agar pimpinan tidak memutuskan segala hal secara sepihak yang memungkinkan para anggota sebenarnya tidak sepaham dengan keputusan pimpinan. Dan yang terakhir berikan pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan oleh anggota tim Anda. Tunjukan  bahwa Anda menghargai kerja keras mereka.




Pemimpin Sukses
NILAI kesuksesan pribadi ,individu dalam merancang kepemimpinan yang efisien bahkan Efektif
sangatlah mempunyai arti dalam setiap diri pada seorang pemimpin,banyak sekali kegagalan bahkan ketidak puasan akan hasil dalam pencapaian susatu tujuan.

Kepemimpinan merupakan seni atau proses mempengaruhi orang lain, sehingga mereka bersedia dengan kemampuan sendiri dan secara antusias bekerja utuk mencapai tujuan organisasi (Weirich & Koontz, 1993).setiap organisasi sudah sangat berarti apabila suatu organisasi berhasil memanagemen dalam organisasi.nilai sukses juga bisa dilihat apabila Pemimpin yang mampu bekerja sama dengan orang lain, dapat menerima saran & pendapat dari orang lain, mengolah pendapat tersebut menjadi sesuatu yang berharga.

Mampu membawa organisasinya ke arah yang lebih baik dan lebih maju dengan tetap melibatkan semua unsur di dalam organisasi tersebut.wujud peran serta masyarakat dalam mempertahankan sebuah komunitas sangatlah beragam terhadap kemajuan,dalam melakukan tugas dan kewajiban.
Pemimpin bukanlah sekadar seseorang ataupun pejabat yang dicintai atau dikagumi, melainkan seseorang yang mempunyai pengikut dan mampu mengerjakan dengan benar (do the right things).

Pemimpin bukanlah hanya gelar ataupun uang, melainkan memiliki rasa tanggung jawab yang harus dipikul di pundaknya dan membawa ke tingkat keberhasilan maksimal. hingga tercipta pemimpin yang profesional.kita melihat kepemimpinan di suatu daerah sebagai contoh Bupati,Walikota yang Notabene adalah mempunyai karateristik sebagai pemimpin yang berhasil memajukan suatu Daerah dengan Lobi-lobi positif demi kemajuan yang signifikan.

Untuk mencapai kepemimpinan yang sukses, seorang dituntut memiliki karakteristik-karakteristik khusus. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Santa Clara University dan Tom Peters Group/Learning System terhadap lebih dari 5.000 pimpinan senior, setidaknya ada 11 karakteristik yang harus dimiliki pemimpin agar sukses dalam kepemimpinannya.

Sebelas karakteristik tersebut yaitu, Jujur (honest), Pandai, cerdas (intelligent), Melihat ke depan (forward-looking),Selalu memicu inspirasi (inspiring), Kompeten (competent), Berlaku adil (fairminded), Berwawasan luas (broadminded), Tidak basa-basi, langsung pada persoalan (straightforward), Penuh imajinasi (imaginative), dan Pandai mendelegasi dan memotivasi SDM.

Pemimpin kedepan sudah tentu perlu mendapat apresiasi masyarakat di mana kita lihat pemimpin yang berani mengambil kebijakan,dan melakukan penataan,dengan menjawab setiap kerinduan masyarakat. dengan memajukan duniapendidikan.

Ada tiga  kunci sukses Kerja Keras, Kerja Keras, Kerja Keras ketiga hal ini tentunya kita bertanya-tanya?nah kerja keras adalah energi kita,yaitu penuh semangat dan memiliki ethos kerja yang tinggi.untuk Marilah kita bertanya kepada diri kita masing-masing, apakah kita sudah memiliki etos kerja yang positif? Kalau belum, segeralah memiliki dan mengamalkannya agar kesuksesan yang positif bisa segera kita raih.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar