Selasa, 03 April 2012

demokrasi





Nama   : Nesya tabita
Kelas   : 2EA20
NPM   : 14210943










DEMOKRASI

Pendahuluan
Semua negara mengakui bahwa Demokrasi sebagai alat ukur dari keabsahan politik.Kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintahan menjadi basistegaknya system politik demokrasi. Demokrasi meletakkan rakyat pada posisi penting, hal ini karena masih memegang teguh rakyat selaku pemegang kedaulatan. Negara yang tidak memegang demokrasi disebut negara otoriter. Negara otoriterpunmasih mengaku dirinya sebagai negara demokrasi. Ini menunjukkan bahwademokrasi itu penting dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan






 Demokrasi
     Adalah suatu bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat,baik secara langsung atau melalui perwakilan.Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demokratia yang artinya kekuasaan rakyat,yang di bentuk dari kata demos(rakyat) dan kratos (kekuasaan).Istilah demokrasi di perkenalkan oleh Aristoteles sebagai suatu bentuk pemerintahan.Demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah demokrasi sebagai pemerintahan dari rakyat,oleh rakyat,dan untuk rakyat.Hal ini berarti kekuasaan tertinggi dalam system demokrasi ada di tangan rakyat dan rakyat mempunyai hak,kesempatan,dan suara yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintahan.

Sebelum penduduk Yunani menemukan istilah demokrasi ada bentuk sederhana dari demokrasi yang telah di temukan sejak 4000SM di Mesopotamia.Di setiap Negara kota terebut para rakyat sering kali berkumpul untuk mendiskusikan suatu permasalahan dan keputusan pun diambil berdasarkan konsesus atau mufakat

Yunani kala itu terdiri dari 1500 negara kota yang kecil dan independent. Negara kota tersebut memiliki system oligarki,monarki,tirani dan juga demokrasi.Di anatara di kota Yunani yang letaknya di Athena Negara kota ini saja yang mencoba sebuah model pemerintahan yang baru masa itu yaitu demokrasi langsung.






Secara umum terdapat dua demokrasi yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.

Pengertian demokrasi langsung
       Adalah suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. Sistem demokrasi langsung di gunakan pada masa awal terbentuknya demokrasi di Athena di mana ketika terdapat suatu permasalahan yang harus di selesaikan, seluruh rakyat kumpul untuk membahasnya.

Pengertian demokrasi perwakilan
       Adalah seluruh rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.

Substantive menunjuk pada demokrasi dalam empat bentuk, yaitu
1        Menitikberatkan pada perlindungan terhadap tirani
2        Titik berat pada manusia mengembangkan kekuasaan dan kemampuan
3        Melihat keseimbangan partisipasi masyarakat terhadap beban yang berat dan tuntutan yang tidak dapat di penuhi
4        Bahwa tidak dapat mencapai partisipasi yang demokratis tanpa perubahan terlebih dahulu dalam keseimbangan social dan kesadaran social

Demokrasi secara konsektual dilihat dari fakta kenyataan pemerintahan yang pernah dan sedang terjadi. Indonesia pada zaman pemerintahan Soekarno masa orde lama dengan konstitusi RIS dan UUDS 50 dikenal demokrasi liberal, setelah kembali ke UUD 45 di kenal demokrasi terpimpin.




 Demokrasi sebagai system politik
     Menurut Huntington,system politik dapat dibedakan dari system politik demokrasi dan non demokrasi. Sistem politik demokrasi, system pemerintahan dalam suatu Negara yang menjalankan prinsip demokrasi,tidak sewenang-wenang dan kekuasaan tidak terbatas.

Demokrasi sebagai sikap hidup
         Demokrasi ini di pahami sebagai sikap hidup dan pandangan hidup yang demokratis. Demokrasi membutuhkan usaha nyata dan perilaku demokratis untuk mendukung pemerintahan dan system politik demokrasi

Demokratisasi
       Merupakan penerapan kaidah-kaidah atau prinsip demokratisasi pada kegunaan system politik kenegaraan. Tujuannya untuk membentuk kehidupan politik bercirikan demokrasi.

Demokrasi di Indonesia
         Bangsa Indonesia sejak dulu mempraktekan ide tentang demokrasi walau bukan tingkat kenegaraan, masih tingkat desa. Di sebut dengan demokrasi desa.contohnya adalah pemilihan kepala desa dan rembug desa .Inilah demokrasi yang asli dan yang sebenarnya.




 Pendidikan Demokrasi
     Perilaku dan kultur demokrasi menunjuk pada nilai-nilai demokrasi di masyarakat. Masyarakat demokratis adalah masyarakat yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi.
Membangun kultur demokrasi berarti tindakan mensosialisasikan,mengenalkan,dan menegakkan nilai demokrasi pada masyarakat. Indonesia sudah ada institusi demokrasi, masyarakat belum menikmati demokrasi, baik di kalangan pemerintahan dan jasa usaha .

Ada tiga hal pengetahuan dan kesadaran demokrasi
1        Demokrasi adalah pola kehidupan menjamin hak kewarganegaraan
2        Demokrasi merupakan the long learning procces
3        Kelangsungan demokrasi tergantung kepada proses pendidikan demokrasi pada masyarakat luas.

Pada demokrasi dapat mengembangkan unsure demokrasi desa yang terdiri dari rapat, mufakat, gotong royong, hak mengadakan protes bersama dan menyingkir dari kekuasaan absolute.
Nilai-nilai demokrasi langsung dijabarkan dalam demokrasi dibidang politik, dibidang ekonomi,dan di bidang social




Demokrasi pancasila
  Sebagai ideology nasional, pancasila berfungsi sebagai
1        Cita-cita masyarakat yang selanjutnya menjadi pedoman dalam membuat dan menilai keputusan politik
2        Alat pemersatu masyarakat yang mampu menjadi sumber nilai bagi prosedur penyelesaian konflik yang terjadi

Nilai-nilai demokrasi yang terjabar dari nilai-nilai pancasila tersebut adalah sebagai berikut
1        Kedaulatan rakyat
2        Republik
3        Negara berdasarkan atas hokum
4        Permintaan yang kontitusional
5        Sistem perwakilan

Demokrasi pancasila dapat diartikan secara luas mauoun sempit sebagai berikut
1        Secara luas demokrasi pancasila berarti kedaulatan rakyat yang di dasarkan pada nilai-nilai pancasila dalam bidang politik, ekonomi, dan social
2        Secara sempit demokrasi pancasila berarti kedaulatan rakyat yang dilaksanakan menurut hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

Kesimpulan deokrasi adalah bentuk atau mekanisme system pemerintahan suatu Negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas Negara untuk dijalankan oleh pemerintah Negara tersebut.







Daftar pustaka

Pendidikan kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar